Kesalahan Dalam Berbisnis Online Dengan Berbagai Langkah Prefentif

Kesalahan merupakan sebuah hal yang sangat wajar dilakukan oleh pemula. Dengan adanya kesalahan kita menjadi tahu berbagai asam manis dunia perbisnisan online. Namun, jangan sampai kita melakukan kesalahan yang fatal selama kita menjalankan bisnis online.

Hal ini juga bisa dihindari dengan berbagai macam cara preventif yang bisa kita lakukan se dini mungkin. Misalnya dengan cara mencatat semua keuangan dan memperhatikan semua partner bisnis yang kita ajak dalam melakukan sebuah bisnis tersebut, untuk menghindari bentuk kecurangan dalam bentuk apapun.

Dengan kata lain kita harus benar benar memperhatikan semua alur keluar masuk yang ada pada bisnis yang kita jalankan tersebut. Mulai barang, uang, dan hal yang lain lainnya yang hanya ada di slot online.

Pilih Partner Bisnis yang Sesuai

Tentu saja memulai partner bisnis menjadikan hal yang paling utama dan penting di saat kamu akan menjalankan bisnis online. Kita juga harus benar benar mengenal partner bisnis kita sendiri dengan baik dan membuat kontrak yang bisa mengikat secara hokum.

Mengingat banyaknya dan berbagai macam kecurangan yang bisa dilakukan oleh siapa saja baik karyawan maupun teman dekat kita sendiri kamu tetap harus waspada ya. Jangan biarkan flow keuangan dipegang oleh orang lain selain kamu si owner dari bisnis itu sendiri. Karena hanya diri kamu sendiri yang bisa kamu percaya dalam menjalankan sebuah bisnis.

Atur Sendiri Jalan Keluar Masuknya Uang dan Barang

Untuk kamu yang masih mempunyai small bisnis mungkin kamu kurang relate ya dengan point yang satu ini. Tapi, untuk kamu yang sudah memiliki perkembangan bisnis yang pesat dan signifikan, kamu harus memperhatikan hal berikut ini.

BACA JUGA   Pengoptimalan Media Sosial Untuk Bisnis Online Agar Tepat Sasaran

Jaga baik baik jalan keluar masuknya uang yang ada pada bisnis kamu. Hal ini demi menghindari kecurangan apa saja yang ada pada bisnismu ini. Jadi, untuk keluar masuknya uang serta stok barang, wajib kamu teliti ya dengan pasti demi menghindari korupsi pada uang dan barang sekecil apapun itu.

Atur Budgeting Dengan Pas dan Teliti

Keuangan merupakan point yang paling penting yang sudah di singgung berkali kali mulai dari awal tadi. Karena kesalahan terkecil yang terdapat pada keuanganmu maka akan mempengaruhi semua nya yang berjalan pada bisnis mu. Untuk kamu yang berbisnis lewat marketplace, yang kamu harus perhatikan adalah biaya admin yang dipotong sesuai ketentuan marketplace tersebut.

Contohnya pada marketplace shopee, kamu akan dipotong admin sesuai dengan jumlah harga barangmu. Biasanya sebesar 2% sampai dengan 5% tergantung dengan toko mu. Maka kamu harus memberi jarak lagi antara keuntunganmu dan admin yang ada di marketplace tersebut sehingga kamu tidak sampai merugi.

Sediakan Pelayanan yang Maksimal untuk Para Konsumen

Biasanya konsumen akan selalu lebih betah dengen toko yang pelayanannya ramah dan fast respond. Maka kemungkinan pembeli untuk membeli produkmu akan lebih banyak dibandingkan jika kamu berlaku tidak ramah dan membalasnya lama kepada mereka.

Kamu juga bisa mulai membangu customer loyalty ataupun membentuk customer yang loyal terhadap bisnismu, dengan cara keep in touch kepada mereka. Misalnya dengan contoh yang paling simple adalah save nomor whatsapp mereka dan lihat setiap status yang dibuat oleh pelangganmu. Dengan ini, mereka akan merasa terus kamu perhatikan dan pastinya mereka akan merasa lebih dekat dengan kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.